Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Jumat, 27 September 2013 - 07:31:36 WIB

PESERTA TES CPNS SISTEM CAT DIPERKIRAKAN MEMBLUDAK


Diposting oleh : ridlowi
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 2466 kali

PESERTA TES CPNS SISTEM CAT DIPERKIRAKAN MEMBLUDAK

Banyaknya instansi pemerintah yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT) dalam seleksi CPNS tahun 2013 ini patut diapresiasi. Namun hal itu merupakan persoalan tersendiri, karena pelaksanaannya membutuhkan waktu panjang. Padahal, dari 328 instansi yang melakukan seleksi CPNS tahun ini, hanya 70 instansi akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Namun peserta TKD di beberapa instansi yang menggunakan sistem CAT diperkirakan membludak. Di Kementerian Keuangan misalnya, dengan formasi sebanyak 6.199, pesertanya diperkirakan mencapai 59 ribu. “Kementerian Keuangan akan menggelar TKD di 15 kota,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Soetrisno dalam laporannya kepada Menteri PANRB.

Belum lagi peserta TKD untuk Pemprov DKI Jakarta yang medapat formasi 1.515 orang. Memang, estimasi jumlah peserta test belum bisa dipastikan. Namun minat masyarakat untuk menjadi  CPNS di DKI Jakarta selalu besar. Rencananya, Pemrpov DKI Jakarta akan menggelar TKD dengan sistem CAT di 60 lokasi di wilayah DKI Jakarta.

Dua provinsi lain yang diperkirakan pesertanya membludak adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Estimasi pesertanya diperkirakan masing-masing 20 ribu orang. Jateng akan melaksanakan CAT di Semarang, sementara CAT untuk Jatim akan digelar di Surabaya.

Membengkaknya peserta CAT juga dimungkinkan lantaran banyak pelamar yang mendaftar dan mengikuti tes di lebih dari satu instansi. Di pihak lain, kementerian/lembaga tidak bisa memprediksi jumlah peserta secara akurat. Jadi bukan mustahil waktu pelaksanaan CAT akan lebih panjang dari perkiraan semula. “Bukan mustahil akan berlangsung hingga awal Desember,” tambah Eko.

Sebagai gambaran, dari pelaksanaan CAT di BKN pusat beberapa waktu lalu, dalam sehari dilaksanakan lima sesi. Dengan fasilitas komputer sebanyak 100 unit, dalam satu sesi hanya diikuti maksimal 95 orang, karena 5 unit computer untuk mengantisipasi kalau terjadi error. Ini berarti dalam satu hari hanya bisa dilaksanakan CAT untuk 475 orang.

Kementerian PANRB akan melaksanakan CAT mulai hari Minggu tanggal 29 September 2013 untuk peserta 800 orang lebih. Dengan fasilitas 100 unit komputer, pelaksanaan tes dibagi menjadi 4 sesi, sehingga pelaksanaannya memakan waktu 3 hari.      

Dalam pelaksanaan CAT, instansi dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki BKN yang jumlahnya 740 unit, tersebar di BKN pusat, dan 12 kantor regional. Fasilitas tersebut akan digunakan oleh 33 kementerian/lembaga, satu pemerintah provinsi dan 4 pemerintah kabupaten/kota.

Selain itu, ada instansi yang melakukan CAT dengan infrastruktur yang disiapkan sendiri. “Ada 17 kementerian/lembaga, 7 pemerintah provinsi dan 9 pemerintah kabupaten/kota yang menyiapkan infrastruktur sendiri,” ujar Kepala BKN.

Daftar Instansi pemerintah yang akan melaksanakan TKD dengan sistem CAT antara lain :

Kementerian/Lembaga

1

Kemenko Polhukam

2

Kementerian  PANRB

3

Kementerian Luar Negeri

4

Komisi Yudisial

5

Kementerian PPN/BAPPENAS

6

Kementerian Perdagangan

7

Kemenko Perekonomian

8

Kementerian Dalam Negeri

9

Setjen DPR

10

Kementerian ESDM

11

Kementerian Keuangan

12

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

13

Kementerian Hukum dan HAM 

14

Kementerian Kelautan dan Perikanan

15

Kementerian Pertanian

16

Kementerian Pemuda dan Olahraga  

17

Kemenko Kesra

18

Sekretariat Negara

19

Sekretariat Kabinet RI

20

Mahkamah Konstitusi

21

Komnas HAM

22

Kementerian PU

23

Kementerian Perumahan Rakyat

24

Kementerian PDT

25

Kementerian LH

26

Kementerian Sosial

27

Kementerian Koperasi dan UKM

28

LAPAN

29

BPS

30

BPKP

31

Badan Kepegawaian Negara (BKN)

32

BNPT

33

BNP2TKI

34

BSN

35

BIG

36

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

37

LKPP

38

PPATK

39

BPPT

40

LIPI

41

ANRI

42

Bawaslu

43

Ombudsman RI

44

Komisi Yudisial

45

Mahkamah Agung (MA)

46

Mahkamah Konstitusi (MK)

47

Setjen DPR

48

BPK

49

Komnas HAM

Pemerintah Provinsi

1

Bengkulu,

2

DKI Jakarta

3

Jawa Tengah

4

Jawa Timur

5

Maluku

6

Maluku Utara

7

Sumatera Barat

8

Sulawesi Barat

Kabupaten/Kota

1

Kota salatiga

2

Kota Sutabaya

3

Kabupaten Sidoarjo

4

Kota Depok

5

Kota Singkawang

6

Kabupaten Musi Rawas

7

Kabupaten Muara Enim

8

Kota Banjarmasin

9

Kota Denpasar

10

Kota Sawahlunto

11

Kabupaten Dharmasraya

12

Kabupaten Indragiri Hilir

13

Kota Pekanbaru

Sumber: KemenPANRB