Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Selasa, 11 Februari 2020 - 07:38:22 WIB

Urgensi Memelihara Spirit Alumni LATSAR CPNS


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 2.607 kali

Urgensi Memelihara Spirit Alumni LATSAR CPNS
Tujuan Latsar CPNS untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi dengan memadukan pelatihan klasikal dan Nonklasikal dan kompetensi social Kultural dengan Kompetensi Bidang,Peatihan klasikan merupakan sebuah proses pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka didalam kelas, sedangkan pelatihan non klasikal merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara E-learninng, bimbingan ditempat kerja, maupun paltihan dialam bebas.

Melalui Latsar CPNS ini diharapkan mampu melahirkan komptensi pegawai yang berstandar berdasarkan kemampuan:
1. Menunjukan sikap perilaku bela Negara;
2. Mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS yakni Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi [ANEKA] dalam pelaksanaan tugas jabatannya;
3. Mengaktualisasikan kedudukan dan Peran PNS dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia;
4. Menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.
Sedangkan dalam aspek struktur kurikulum Latsar CPNS  dibagi menjadi dua yakni kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas.
Kemudian struktur kurikulum pembentukan karakter PNS Dibagi menjadi 4 agenda yakni:
1. Agenda sikap perilaku bela Negara;
2. Agenda nilai-nilai dasar PNS [ANEKA];
3. Agenda kedudukan dan Peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia;
4. Agenda Habituasi.

Pembentukan Karakter CPNS
Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan bangsa Indonesia sesuai amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 [UUNR 1945]. Sosok PNS yang ideal diwujudkan dengan sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk dapat membentuk sosok PNS seperti tersebut di atas, maka perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan sejak CPNS.

Salah satu jenis pelatihan untuk PNS adalah Latsar CPNS yang merupakan syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS. Latsar CPNS dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan bela Negara, wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, di samping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Dalam sistem pembelajaran Latsar CPNS pada kurikulum yang menekankan pada pembentukan karakter PNS, setiap peserta pelatihan dituntut untuk mampu mengaktualisasikan substansi materi pembelajaran yang telah dipelajari melalui proses pembiasaan diri yang difasilitasi dalam pembelajaran agenda Habituasi.





Berita Terkait